Mengamati Kehidupan Burung

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Pada waktu kecil, saya sering mengamati burung yang sedang membangun sarang. Ada burung yang membangun sarangnya di semak-semak, di sela-sela bebatuan, di lubang-lubang pohon, dan yang paling banyak di atas pohon, di sela-sela ranting dan dedauan. Mereka akan bersarang dan bertelur di tempat-tempat yang sepi, jarang dijamah oleh manusia. Burung membuat sarang untuk melidungi telur dan anak-anaknya dari ancaman binatang pemangsa dan cuaca yang tak bersahabat. Di dalam sarang, induk burung merawat dan membesarkan anak-anaknya.

Burung merupakan arsitek yang hebat. Ribuan jenis burung memiliki kemampuan membangun sarang yang indah, dan berbeda-beda setiap jenis burung. Setiap burung memiliki model sarang yang berbeda dan UNIK. Ketika sedang membangun sarang, bahkan seekor burung yang kecil pun berubah menjadi arsitek dan tukang yang hebat. Lihatlah hasilnya, sarang burung yang bermacam-macam dan nampak begitu indah.

Bahan utama untuk membuat sarang biasanya dari rumput, daun dan ranting kering, yang diambil dari alam sekitarnya. Tugas mengumpulkan bahan dan membangun sarang biasanya dilakukan berpasangan. Sang jantan pergi mencari bahan, sang betina menganyam sarangnya. Sang betina pergi mengambil bahan, sang jantan bertugas membangun sarangnya. Setelah sarang jadi, baru sang betina bertelur dalam sarang itu, mengerami bergantian hingga menetas, memberi makan dan merawatnya hingga besar menjadi burung muda yang siap hidup mandiri. Subhanallah…

Setiap pagi burung mengepakkan sayap, terbang dari sarangnya. Dia tidak akan pernah lupa untuk kembali ke sarang. Bahkan tidak cuma itu, setiap induk burung terbang keluar sarang, pasti kembali dengan membawa makanan untuk anak-anaknya. Begitu seterusnya mereka lakukan, sampai anaknya menjadi besar dan bisa mencari makanan sendiri.

Pelajaran apa yang bisa diambil dari cerita burung di atas wahai sahabatku? Alloh telah memberikan tanda-tanda kekuasaan melalui alam ini. Namun yang bisa membaca hanyalah orang-orang yang menggunakan akalnya…

1. UNIK
Bentuk dan model sarang burung UNIK dan berbeda antar jenis burung. Tapi untuk pasangan burung yang berbeda dari jenis burung yang sama, sarangnya akan sama. Subhanalloh… Inilah Keunikan yang dimiliki oleh setiap burung. Begitu juga dengan saya, anda, pasti memiliki Keunikan yang berbeda dari orang lain, dan bisa jadi itu merupakan Passion anda.

Jika kita berkarya sesuai dengan passion, maka hasilnya akan menjadi hebat dan berlipat. Bekerja secara enjoy, ulet, kerja keras, kerja cerdas sehingga memaksimalkan potensi dan kompetensi yang dimiliki. Hasilnya pun akan seindah sarang burung yang dikerjakan dengan hati. Untuk itu, yuks, temukanlah Keunikan diri masing-masing.

2. Merawat dan Mendidik Anak
Induk burung akan mengerami telurnya dengan sabar sampai menetas. Mereka akan merawat dan melindungi anaknya dengan kasih sayang tanpa batas dari gangguan pihak luar, memeluk dan mendekap anaknya ketika cuaca dingin dengan sayapnya. Sang induk akan membesarkannya dengan senantiasa mencarikan makanan dan menyuapinya satu per satu.

Sang anak pun menginjak remaja. Kakinya sudah mulai kuat. Bulunya sudah tumbuh sempurna. Otot sayapnya juga sudah kuat, maka sang induk akan mengajarinya untuk mulai terbang. Bahkan induk Elang akan mendorong anaknya keluar dari sarang untuk melatih terbang. Sang anak dipaksa untuk bisa terbang. Sang induk juga mendidik bagaimana bisa bertahan hidup, mencari makanan, dan membina keluarga baru untuk regenerasi.

Bagaimana dengan manusia..?? Sudahkah anda merawat dan mendidik anak-anak dengan sebaik-baiknya?? Mengasuh anak dengan penuh kasih sayang??

3. Tawakal Kepada Alloh
Lihatlah ketika induk burung terbang dari sarangnya, mereka tidak tahu mau kemana. Yang jelas di kepala burung itu, hanya memiliki tujuan untuk mencari makanan buat diri dan anak-anaknya. Maka, tidak begitu lama, mereka pun sudah pulang ke sarang dengan membawa makanan untuk disuapkan kepada anaknya.

Inilah pelajaran tentang Keyakinan dan Tawakal yang luar biasa kepada Alloh SWT, khususnya dalam mencari rezeki. Milikilah keyakinan yang kuat bahwa Alloh telah menjamin rezeki semua makhlukNya. Tugas kita hanya untuk ber-IKHTIAR semaksimal mungkin untuk mendapatkannya, namun tidak dengan cara berbuat kerusakan dan menzhalimi pihak lain. Ingatlah, rezeki tidak akan pernah tertukar…

Baca juga: Hidup Menjadi Berkah

Salam Perubahan…!!!

Komentar

Tulis Komentar