Sematan Kemuliaan

Oleh: Nasrulloh Baksolahar

Mengapa Allah memberikan kekayaan, jabatan dan perhiasan hidup lainnya? Agar penantian menunggu kematian tidak membosankan.

Mengapa Allah memberikan kesulitan dan penderitaan? Agar penantian menunggu kematian tidak membosankan.

Mengapa Allah memberikan kekayaan, Jabatan dan perhiasan lainnya? Untuk tahu siapa yang dicintai dan dirindukan.

Kedok-kedok ketaatan ibadah akan terbongkar. Kedok-kedok keshalihan akan terbongkar dengan pernik-pernik dan liku-liku kehidupan. Mengapa jiwa harus terombang-ambing dengan liku-liku kehidupan?

Mengapa Allah memberikan kesulitan dan penderitaan? Untuk tahu apa yang membuatnya sedih dan gelisah. Kedok-kedok manusia akan terbongkar. Kepalsuan manusia akan terbongkar dengan permainan dan senda guraunya dunia.

Apa yang engkau banggakan? Padahal engkau makhluk Allah paling mulia? Bila masih membanggakan harta dan kekayaan. Bila masih membanggakan harta, bukankah derajat mereka lebih rendah dari diri mu sendiri? Mengapa membanggakan yang lebih rendah dari diri mu sendiri?

Bila engkau membanggakan jabatan, bukankah jabatan itu buatan manusia? Apa yang dibuat lebih rendah dari yang membuatnya. Mengapa kita merendahkan diri terhadap apa yang telah dibuat oleh tangan kita sendiri?

Memperebutkan dunia, padahal derajat manusia lebih tinggi dari dunia. Mengapa tidak fokus pada dirimu sendiri? Menempa dan mendidik diri. Karena yang paling berharga adalah dirimu sendiri. Mengapa diabaikan?

Bila semua yang ada di semesta ini lebih rendah derajatnya dari diri mu, mengapa diri tidak fokus pada yang Maha Mulia?

Komentar

Tulis Komentar