Visi Pemimpin

Oleh: Nasrulloh Baksolahar

Visi pemimpin bukan sekedar obsesi dirinya, tetapi harus menjadi penyebab turunnya rahmat dan pertolongan Allah.

Ketika visi pemimpin selaras dengan tujuan diciptakannya manusia, selaras dengan kehendak Allah maka itulah visi yang membangun peradaban manusia.

Visi pemimpin yang selaras dengan Allah, maka seluruh makhluk-Nya, semesta dan malaikat akan menjadi pasukan yang akan menjadi pembelanya. Hati manusia pun akan diketuk oleh Allah untuk bersama memperjuangkannya.

Visi pemimpin yang digerakan oleh uang, bukanlah visi. Visi itu harus menggerakkan manusia dan sumber daya. Setiap orang terdorong untuk mewujudkannya tanpa pamrih.

Visi pemimpin harus diformulasikan menjadi visi setiap masyarakatnya. Disini diperlukan suasana kejiwaan yang sama, suasana emosional yang sama.

Visi pemimpin harus sederhana, ringkas, jelas dan mudah dipahami. Seperti Allah menanamkan visi manusia dengan kata yang sederhana yaitu menjadi Khalifah dan Hamba Allah.

Visi mungkin hanya goresan pena, mungkin hanya hembusan kata. Namun dia menjadi pembimbing derap kehidupan dan turunnya rahmat Allah. Merancang kehidupan dimulai dengan menggoreskan visi kehidupan.

Komentar

Tulis Komentar