Siapa Dirimu?

Oleh: Nasruloh Baksolahar

Jika Aku mencintai hamba, Aku jauhkan dia dari dunia dan Aku arahkan dia mengerjakan amal akhirat. Aku perlihatkan cacatnya dunia sehingga dia menjauh dan beramal seperti amalan penduduk surga. Lalu, Aku masukan dia ke dalam surga dengan rahmat-Ku.

Jika Aku membenci seorang hamba, Aku sibukan dia dengan dunia sehingga lupa kepada-Ku dan Aku arahkan dia pada amalan dunia. Dengannya, dia menjadi penghuni neraka. Aku memasukkan ke dalamnya.

Setiap umur pasti akan berakhir, betapa pun panjangnya. Dunia seperti bayangan naungan, yang dengan sangat cepat akan hilang. Menetap sebentar lalu pergi dan tidak akan kembali.

Bagaimana orang yang akan melewati mati, masih bangga dengan dunianya? Bagaimana orang yang akan menempati kubur, masih senang dengan rumahnya?

Siapa yang risau gelisah, Akulah yang memberikan jalan keluarnya. Siapa yang meminta ampun, Akulah yang mengampuninya. Siapa yang takut, Akulah yang memberikan rasa aman padanya. Siapa yang lapar, Akulah yang membuatnya kenyang.

Jika hamba-Ku selalu dalam ketaatan dan ridha terhadap urusan-Ku, maka akan Aku mudahkan urusannya. Aku akan mendukung dan melapangkan dadanya. Taatlah dan mengabdilah. Jangan dirisaukan dengan masalah rezeki, karena semuanya telah Kucukupi kebutuhannya. Jangan risau dengan sesuatu yang telah Aku jamin.

(Dikutip dari Kitab Al Mawaizh fi al hadist al Qudsiyyah, Imam Al Ghazali)

Komentar

Tulis Komentar